Kamis, 08 November 2012

Automation industry task


Assalamualaikum wr. Wb. Saya, Teguh Wahudi 10525032 dari kelompok 3 automation industry, kelas Pak Faizun akan menjelaskan tentang: “Sistem/alat otomasi apa saja yang dipakai beserta letaknya di cv. Karya hidup sentosa.”
I.                  Pendahuluan
  CV. KARYA HIDUP SENTOSA adalah pabrik alat / mesin pertanian yang didirikan pada tahun 1953, di Yogyakarta oleh Bapak dan Ibu Kirjo Hadi Suseno.
Pada tahun 1972 CV. KHS mendapatkan penghargaan Anugerah Satya Lencana Pembangunan dari Presiden RI-2. Setahun kemudian, pada th 1973 CV. KHS melakukan joint venture dengan KUBOTA Corp. dengan mendirikan pabrik mesin PT. KUBOTA Indonesia (PT. KI) di Semarang. Dan kini CV. KHS telah mendapat sertifikat ISO 9001:2008.
CV. KHS memproduksi alat-alat pertanian dengan merk "QUICK", seperti traktor tangan (power tiller), power thresher dan sebagainya.
Merk QUICK asalnya dari seorang pelanggan. Waktu itu produk CV. KHS belum ber-merk, pelanggan tersebut menawarkan diri untuk memberi nama merk, kemudian si pelanggan menanyakan nama si pemilik yaitu Kwik Hing Sie ( Pak Kwik) dari nama tersebut diambil kata "Kwik" ditransformasi ke dalam bahasa Inggris menjadi QUICK (berarti : "cepat") kemudian "QUICK" diusulkan menjadi nama merk dan Bp. Kirjo Hadi Suseno setuju.
Sejak itu produk mesin dan alat pertanian produksi CV. KHS diberi merk QUICK dan telah didaftarkan paten merk .Dari penamaan merk-pun adalah usulan dari pelanggan ( Customer Oriented )
Traktor tangan QUICK merupakan produk andalannya dan menjadi market leader di Indonesia juga export ke negara lain. CV. KHS juga mengembangkan produk lain, seperti generating set dan memproduksi exhaust manifold dan sudah export ke KUBOTA Corp. Japan, spare parts otomotif dan spare parts mesin textile.
CV. KHS memiliki 7 kantor cabang pemasaran di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Tanjung Karang, Makassar, Medan, dan Sidrap, serta didukung lebih dari 400 dealer / toko yang tersebar di Denah dan ruang dari pabriknya
Kantor CV.KHS yang kami hadiri sendiri adalah pt. pertamanya di jogja yang beralamat:
KANTOR CABANG YOGYAKARTA
Jl. Magelang 144, Yogyakarta 55241 - Indonesia
Telp. +62-0274-563217, 512095
Fax. +62-0274-563523
Email: ygy@quick.co.id
I.                  Alat otomasi pada pt quick
a.       Permesinan
Untuk menghasilkan produk berkualitas baik, pt. Quick menggunakan mesin-mesin dengan teknologi tinggi dan memakai software Cad Cam (Computer Aided Design-Computer Aided Manufacturing).
Pabrik dilengkapi dengan mesin-mesin produksi jenis :
- CNC machining center, CNC lathe, CNC grinding, CNC induction Hardening sebanyak 86 unit.
Mesin-mesin pendukung lain (baik automatic dan conventional) :
- Lathe, Grinding, Boring, Milling, Drill/Taping, Broaching, Resharpening Tools, Facing & Center sebanyak 58 unit.
Beberapa mesin-mesin pembuat gear sebanyak 30 unit.
Pada proses perakitan, pabrik memiliki fasilitas robot welding sebanyak 12 unit.
b.      Riset dan Desain
Dalam merancang sebuah produk, cv. KHS menggunakan sistim komputerisasi yang canggih dan modern dengan software :
CAD (Computer Aided Design), untuk membuat gambar kerja 3 dimensi yang presisi dan berkualitas baik.
CAE (Computer Aided Engineering), untuk mensimulasi / menghitung kekuatan masing-masing part dalam gambar kerja.
      
c.   Pengecoran Logam
CV. KHSmemiliki unit pengecoran logam dengan kapasitas 1,5 ton dan 0,5 ton menggunakan tanur induksi dengan daya listrik sebesar 1,4 Mega Watt.
Didukung dengan laboratorium yang memantau kualitas logam agar sesuai standard yang ditetapkan seperti sand laboratories, metallo graphic laboratories, microstrucure, CE meter, spectrometer analyzer.
Fasilitas di pengecoran logam : sand mixer, moulding machine, shot blasting machine, pattern shop, sand plant, medium frequency induction furnace, tilting furnace for alumunium, shell core machine, pedestal grinder.
d.      Pengerjaan Plat

Untuk menghasilkan produk berkapasitas besar, pabrik memiliki fasilitas mesin press hidrolik dengan kapasitas 50 - 600 ton sebanyak 6 unit dan mesin power press dengan kapasitas 80 - 200 ton sebanyak 16 unit.


a.       Quality Control
Untuk menghasilkan standard kualitas yang baik, pabrik kami menggunakan mesin-mesin inspeksi yang presisi dan juga menggunakan CNC, misalnya CNC gear tester, salah satunya CNC Coordinate Measuring Machine yang mampu mengukur dengan ketelitian yang tinggi, sehingga kualitas komponen dapat dipastkan memenuhi standard.
Mesin-mesin pendukung :
CMM (1 unit), CNC CMM (1 unit)
CNC gear tester (1 unit)
Hardness tester (4 unit)
Roughness tester (1 unit)
Micro cutting (1 set), micro tri gloss (1 unit)
Tachometer infrared (1 unit), vibrometer (1 unit), valve spring tester (1 unit)
Posi test (1 unit), cyclic corrosion test /CCT (1 unit)
Block gauge set (1 set), dial gauge tester (1 unit)
II.                  Denah dan letak ruang kerja serta denah alat pada pt.quick:





  1.     Gudang Produksi

Gudang produksi menampung lebih kurang 3000 unit komponen traktor siap kirim. Namun untuk masuk gudang produksi, terlebih dahulu  traktor melewati proses kontrol kualitas terlebih dahulu, agar mutu dari traktor tangan dapat terjamin.
     2.         Tool making

Terbagi menjadi 3 divisi, yaitu:
  • ·         Machining A

Area pembuatan gear untuk keperluan tranmisi traktor quick yang di hasilkan melalui proses pengecoran, dan lama pengerjaan 10-15 menit menggunakan 3 buah Mesin CNC.
  • ·         Machining B

Lokasi ini khusus untuk pembuatan shaft atau poros. Dalam area ini terdapat berbagai mesin produksi, dari mesin manual seperti drill sampai mesin otomatis seperti CNC. Jumlah operator mencapai 10-15 karyawan untuk menghandle pembuatan shaft.
  • ·         Machining C

Area ini menghasilkan produk seperti Gear dan Sprocket. Proses yang dilakukan di area ini adalah tempa, heat treatment dan grinding. Dan operator yang berada di area ini adalah 10 – 20 karyawan.


   3.     Area Casting




Area pengecoran logam berfungsi untuk pembuatan blok mesin/tranmisi. Pengecoran logam di pabrik ini dilakukan dengan metode sand casting atau pengecoran dengan cetakan pasir kuarsa. Proses pengecoran memakan waktu hingga 2 jam sampai pendinginan produk. Setelah proses casting, produk masih perlu proses finishing untuk menghilangkan bekas-bekas hasil pengecoran. Terdapat 4 tungku dengan tenaga 500 kw bersuhu 1000-1800 drajat celcius, dan5 katrol kapasitas 2,3 dan 5 ton.

 4.     Area Assembly
proses perakitan memerlukan karyawan sebanyak 20-30 orang yang mengerjakan pemasangan arm sproket menggunakan forklift, dan setelah itu dilakukan tes running checking dengan udara bertekanan.
b.      area sheet metal working
Area ini merupakan area pengerjaan plat logam sebagai bahan baku pembuatan rangka traktor tangan. Proses pengerjaan pelat logam di antara lain adalah proses punching dan blanking.
c.       5.     Area pengelasan
Area ini adalah tempat pengelasan plat -plat baja dari area sheet metal working untuk dirakit menjadi frame lengan traktor. Pengelasan di sini sudah menggunakan robot las dari panasonic jepang, sehingga semua pengelasan sudah  berbasis automatic welding walaupun tetap membutuhkan operator untuk memasang benda kerja ke meja kerja robot las.
d.     6.           Area Painting
Proses di area ini adalah proses pengecatan produk-produk yang telah jadi antara lain blok tranmisi, lengan traktor dll. Sistemnya produk digantung kemudian digerakan masuk menuju ruang cat dan secara otomatis di cat menggunakan spray gun. Pengeringannya pun menggunakan oven, sehingga keluar dari tempat pengecatan produk langsung kering dan siap untuk dikemas.







a.         7.         Area Packing
Komponen produk yang telah melewati proses pengecatan akan di bawa ke area packing. Dalam area ini juga terdapat proses labeling, yaitu proses pemberian label atau merek pada komponen traktor sebelum di bungkus untuk di kirim ke gudang.
III.                  Penutup
Sebenarnya, pada ruangan lain juga ada pemetaan mesin. Namun, karena tidak ada line-line khusus seperti pada pengecoran logam , tool making, dan painting, maka tidak saya tampilkan.
        Terima kasih untuk bantuan teman teman sesama pengampu mata kuliah ini, terkhusus pak Faizun, semoga wawasan yang kalian berikan pada saya dapat berguna dan menghasilkan nilai yang baik pada tugass ini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara merawat cat pada motor

final drive/gardan mobil