Kerja Motor Bensin

Motor merupakan pembangkit tenaga (gerak), motor inilah yang nantinya akan diberi tenaga yang kemudian menlmbulkan gerak putar. Bagian-bagian motor dapat dipisahkan menjadi dua yakni bagian yang bergerak dan bagian yang tak bergerak. Sistim yang ada pada sebuah motor terdiri atas sistem bahan bakar, sistim pelumasan, dan sistim pendingin Motor dibedakan dari proses kerjanya yaitu motor empat (4) tak dan motor 2 tak.

Langkah-langkah kerja motor bensin 4 tak :

  1. Langkah isap
  2. Langkah kompresi
  3. Langkah usaha/kerja
  4. Langkah buang
1.Langkah isap
    Langkah isap adalah langkah awal dari sistem kerja motor bensin,torak akan bergerak dari TMA(titik mati atas) bergerak menuju TMB(titik mati bawah), dan katup masuk keadaan terbuka sedangkan katup buang tertutup seiring bergeraknya silinder dengan menghisap campuran bahan bakar dan udara masuk keruang bakar,bila torak telah sampai posisi TMB dan ruang bakar terisi seluruhnya dengan campuran bahan bakar dan udara,maka langkah isap telah selesai.

    2.Langkah kompresi
    Langkah kompresi adalah langkah kedua dari kerja motor bensin,tork akan bergerak dari posisi TMB menuju ke TMA, dengan menekan campuran bahan bakar sedangkan kedua katup akan dalam kadaan tertutup semua. Kemudian sebelum torak sampai k posisi tertinggi (TMA) campuran/isi ruang bakar tersebut akan dinyalakan oleh percikan api yang timbul dari busi.

    3.Langkah usaha/kerja
    Langkah usaha/kerja adalah langkah ketiga dari motor bensin,dengan adanya ledakan yang terjadi didalam silinder/rung bakar,maka torak akan terdorong kebawah dengan gaya yang sangat besar,sebelum torak sampai keTMB katup buang akan membuka.

    3.Langkah bung
    Lngkah buang adalah langkah terakhir,torak akan bergerak keatas dari TMB menuju TMA dan mendesak gas yang sudah terbakar agar keluar dengan melalui katup buang, posisi katup buang terbuka.

    proses ini akan berlangsung terus menerus/terulang kembali, hal itu adalah proses dari langkah kerja motor 4 langkah(4tak)



    gambar dbawah adalah gambar piston lengkap dengan sistemnya


    Pada gambar diatas yang dtunjukkan oleh huruf A dan J adalah katup (buang/isap), cara membedakannya katup tersbut, setiap katup mempunyai ukuran celah berbeda yaitu pada katup isap ukuran celah adalah 20 sedangkan katup buang ukurannya 30,alat yang digunakan untuk mengukur celahnya adalah fuller gauge. dibawah adalah gambar dari fuller gauge:

    Yang dimksud dengan motor 2tak atau dua langkah ialah motor bensin yang bekerja dalam 1siklus membutuhkan 2 kali langkah piston.
    Langkah kerja dari motor 2tak :
    1. Langkah isap dankompresi.
    saat piston bergerak keatas, maka ruangan yang ada dbawah piston menjadi hampa udara/vakum, akibatnya campuran bahan bakar dan bensin terhisap masuk dirunag bawah piston,ruangan diatas piston terjadi pengompresian/pemanpatan, sehingga campuran udara dan bahan bakar akan naik suhunya dan tekananny. Sebelum piston sampai titik terrendah TMA busi akan memercikkan bunga api, sehingga dengan percikan bunga api,campuran bahan bakar dan udara yang telah dinaikkan suhu dan tekanannya tersebut dapat ter bakar dan meledak.

    2. Langkah usaha/kerja dan buang.
    Setelah terjadinya ledakan/ pembakaran campuran bahan nakar dan udara,dengan terjadinnya hal inilah akan timbul gaya yang dapat mendorong piston untuk kembali bergerak kebawah.Saat piston terdorong kebawah maka ruang dbawah piston terjadi pengompresian,sehingga campuran bahan bakar dan udara menjadi terdesak dan dan naik keruang atas piston melalui saluran bilas. Sementara hasil dari ledakan/ sisa pembakaran yang terjadi diatas ruang piston akan terdorong keluar melalui katup buang.




    Keterangan
    Pada saat piston begerak kebaawh, campuran udara dan bahan bakar yang berada diruang bawah piston tidak dapat keluar menuju saluran masuk, karena pada saluran masuk terdapat katup.


    Keterangan untuk kata yang berwarna biru :
    < to exhaust pipe adalah saluran buang yang menuju kenalpot yang ber fungsi untuk memnuang sisa-sisa pembakaran.
    < to carburettor adalah saluran yang akan menuju kekarburator dan berfungsi untuk memasokkan bahan bakar ke ruang bakar/ silinder yang nantinya akan dibakar.

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    cara merawat cat pada motor

    final drive/gardan mobil