Postingan

Menampilkan postingan dari Januari, 2011

sistem pelumasan

Gambar
Sistem pelumasan pada sepeda motor dibedakan menjadi dua, yaitu sistem pelumasan sepeda motor 4 tak dan sistem pelumasan sepeda motor 2 tak.   a. Sistem Pelumasan Sepeda Motor 4 Tak   Sepeda motor 4 tak pelumasan hanya ada satau macam, yaitu dari bak engkol. Minyak pelumas diisikan pada bak engkol. Dari bak engkol minyak pelumas dipercikan ke dinding silinder untuk melumasi dinding silinder motor. b. Sistem Pelumasan Sepeda Motor 2 Tak   Sistem pelumasan sepeda motor 2 tak dibedakan menjadi 2, yaitu :   Ø Sistem Pelumasan Campur   Pada sistem ini oli dicampurkan dengan bahan bakar (bensin) pada tangki. Contohnya adalah pada sepeda motor vespa.   Ø Sistem Pelumasan Autolube   Pada sistem ini oli ditampung pada tempat tersendiri. Oleh karena itu pada sistem ini digunakan dua jenis minyak pelumas, yaitu pelumasan untuk bak engkol dan pelumasan untuk motornya. Untuk menjalankan tugas tersebut sistem ini dilengkapi dengan pompa oli. Contohnya pada sepeda motor Yamaha.   Sistem

Modivikasi motor

Gambar
Modifikasi adalah perubahan sebagaian dari konstruksi komponen motor dengan tujuan meningkatkan kemampuannya. Diantaranya yang sering di modifikasi adalah:   1. Piston Bertujuan untuk mengurangi berat piston sehingga tenaga motor meningkat karena tenaga yang hilang untuk melawan berat piston. Untuk mengurangi berat piston dilakukan dengan memotong bagian bawah piston, besarnya bagian yang dipotong tersebut sudah tertentu dan tiap sepeda motor tidak sama. Jika pemotongan berlebihan mengakibatkan keseimbangan piston terganggu sehingga menimbulkan getaran dan kerusakan berikutnya. 2. Kepala Silinder Kompresi ruang bakar sangat menentukan tenaga yang dihasilkan. Semakin tinggi kompresi ruang bakar semakin besar tenaga yang dihasilkan. Sebaliknya semakin rendah tenaga ruang bakar maka semakin kecil tenaga yang dihasilkan. Untuk mempertinggi kompresi ruang bakar dapat dilakukan dengan mengurangi volume ruang bakar. Pada sepeda motor umumnya hal ini dilakukan dengan mengerinda kepala

cara merawat motor 4 langkah

Gambar
Tips merawat motor 4 tak sangat lah mudah, berikut cara merawat motor 4 tak.  perawatan rutin yang dapat kita kerjakan sendiri dirumah. Selain hemat, juga nggak mesti sering-sering mampir kebengkel. 1. Cek oli mesin Motor 4 tak memerlukan kondisi oli mesin yang lebih daripada jenis motor 2 tak. Hal ini dikarenakan hampir semua komponen penggerak di blok mesin terendam oli. Kurangnya kekentalan apalagi volumenya didalam mesin dapat menyebabkan keausan.Kekentalan dan volume oli dapat kita periksa dengan membuka tutup oli mesin dan melihat indikatornya dibatang tutup. Ganti oli mesin maksimal jika jarak tempuh mencapai 3000 km. 2. Cek busi    Busi motor, Komponen ini yang memicu nyala mesin. Perhatikan warna kepala busi, bersihkan dengan amplas halus kalau udah kecoklatan atau ada karat. Jika ada lengket kaya bekas oli, segera bersihkan bonggol tutup busi dengan lap kering. Sebaiknya busi diganti kalau sudah mencapai 12 ribu km. 3. Cek Filter Karburator

cara merawat cat pada motor

Gambar
   Tips merawat cat motor agar tetap kiclong, perawatan cat sepeda motor. Kalau bingung ini ada beberapa cara agar motor anda tetap Kinclong dan menarik perhatian. 1. Jangan Mencuci Motor dengan Deterjen atau Sabun Colek    Mencuci motor dengan deterjen atau sabun colek sangat tidak dianjurkan. Karena kandungan kimia deterjen atau sabun colek disesuaian untuk mencuci kotoran pada kain sehingga kandungan kimianya sangat keras bisa merusak cat motor. 2. Proses Pengeringan Harus Sempurna    Proses pengeringan yang tidak sempurna meninggalkan bercak air yang bisa merusak cat motor anda. Karena hal ini akan menyebabkan timbulnya noda air dan jamur yang nantinya akan sulit di hilangkan. 3. Hindari parkir tempat terbuka (tanpa atap) dalam waktu yang lama Parkir ditempat terbuka tanpa atap akan merusak cat motor anda karena terik sinar matahari dan embun bisa membuat warna cat motor kamu menjadi pudar dan menimbulkan karat pada bagian motor yang terbuat dari logam. 4. Janga

cara merawat rantai motor

Gambar
Berikut Tips Merawat Rantai Sepeda Motor .Teradang kita tidak peduli terhadap bunyi-bunyi yang timbul pada rantai motor, padahal bunyi-bunyi tersebut bisa jadi awal bencana terhadap kerusakan, dan parahnya lagi bisa menyebabkan kerusakan pada komponen pendukung rantai lainnya seperti gear. Rantai yang bunyi bisa menyebabkan laju motor kita tidak stabil, maka dari itu perawatan terhadap rantai motor sangatlah penting, selain sebagai pengerak roda, rantai juga berhubungan dengan komponen mesin lainnya. Perawatannya 1. Memintalah bengkel setiap kali melakukan servis, paling tidak setiap 20.000 km. 2. menjaga rantai tetap kering (jangan terlalu kering) dan jangan memberikan pelumas secara berlebihan, pilihlah pelumas khusus untuk rantai kalau tidak ada, pelumas bekaspun tak masalah pemberian pelumas secara berkala. 3. periksa bunyi yang keluar dari perputaran rantai, jika ada bunyi berarti ada yang tak beres pada rantai atau komponen pendukung lainnya, segera perba

cara merawat cakram motor

Gambar
Tips perawatan rem cakram motor.Memang saat rem motor tidak memiliki masalah maka perasaan kita pasti akan lebih tenang. Kita jadi bebas melakukan kegiatan sehari-hari. Tapi bagaimana jika sistem pengereman pada kendaraan yang akan digunakan mengalami masalah. Sebaiknya jangan paksakan keinginan anda karena hanya akan membuat masalah nantinya. Agar sistem rem cakram atau tromol bisa bekerja maksimal maka perawatan secara berkala adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Biasanya untuk pengecekan berkala pada sistem pengereman yang menggunakan cakram dilakukan 6 bulan sekali. Pengecekan berkala ini tidak terlalu rumit, bisa dilakukan sendiri di rumah.     Untuk melakukan pengecekan terhadap sistem pengereman yang menggunakan cakram, perangkat yang perlu dipersiapkan adalah obeng min (-), kunci L ukuran 5, kunci pas dan sikat kawat.      Hal pertama yang harus dilakukan yaitu melepaskan dua baut pada kaliper dengan menggunakan obeng min (-). Karena dibawah bau

cara merawat rem tromol pada motor

Gambar
Kurangnya perawatan pada sistem pengeraman bisa berakibat fatal. Sebab rem merupakan alat yang sangat penting  pada kendaraan yang bisa menyelamatkan nyawa pengendara. Memang bila kampas rem sudah habis harus cepat diganti, tapi bagimana jika masih bisa dipakai ? “Bila kampas masih bisa digunakan, kita tinggal melakukan perawatan rutin saja dan tidak terlalu sulit kok melakukan perawatan berkalanya. Dalam melakukan perawatan kampas rem yang kita lakukan adalah mempersiapkan alat yang diperlukan, seperti kunci pas, tang dan ampelas.Dalam melakukan penggantian, tidak ada patokan kilometer yang pasti. Anda dapat merasakan atau melihat apakah kampas rem sudah saatnya diganti apa belum saatnya diganti yaitu lihatlah tuas yang terdapat pada tromol, kalau semakin kebawah saat rem diinjak maka sudah pasti kampasnya sudah habis,” Setelah alat-alat tersebut di siapkan, mulailah dengan melepas roda dari arm belakang. Setelah dilepas, kemudian lepas perangkat kerja rem dari tromol.

perawatan transmisi manual

Gambar
Transmisi pada Toyota Avanza bertendensi meningkat khususnya di daerah perkotaan, bukan berarti pilihan transmisi manual ditinggalkan. Walaupun sudah terbukti punya mesin andal, konsumsi bbm irit, dan harga spare parts yang terjangkau, tak ada salahnya tetap memperhatikan perawatan berbagai komponen vital, salah satunya transmisi.   Tidak ada perawatan khusus pada peranti penyalur tenaga mesin ini. Anda hanya cukup melakukan pemeriksaan atau pergantian berkala yang sudah diatur di buku panduan servis pemilik. Selebihnya tidak ada masalah berarti di bagian ini. "Beda dengan transmisi otomatis Avanza yang tidak membutuhkan perawatan, tranmisi manual Avanza membutuhkan penggantian oli transmisi tiap 40 ribu kilometer, termasuk dengan penggantian oli gardan," ujar Marsono, service advisor Tunas Toyota cabang Cinere, Jaksel.   Konstruksi yang sederhana seperti transmisi manual mobil lain pada umumnya, berimbas pada biaya perawatan yang juga lebih murah. Kapasitas total oli t

perawatan AC

Gambar
Berkendaraan Mobil akan terasa nyaman, jika penyejuk udara (AC) bekerja sempurna. Sudah menjadi suatu kebutuhan apalagi dikota besar seperti Jakarta jika AC anda tiadk terasa dingin, keadaan pun jadi serba salah, masalah keamanan, debu dan asap kendaraan akan masuk, namun jika ruangan ditutup akan terasa panas dan pengap,gangguan pada AC biasanya lantaran kurang perawatan. Cara berikut ini dapat membantu Anda dalam melakukan perawatan AC sendiri sebelum kondisi AC menjadi rusak berat: Sekema dari sirkulasi Ac mobil Jagalah selalu kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Terutama karpet 2 lembar yang didepan karena akan tersedot kedalam evaporator (lembab) sehingga terjadi jamur dan spora sangat tidak baik buat kesehatan. Saat mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian Kondensor AC  kotoran atau debu yang menempel, bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor. Memilih tempat parkir yang ted

Ac mobil

Gambar
Ac (Air Conditioner) Merupakan sebuah alat yang mampu mengkondisikan udara. Dengan kata lain, AC Berfungsi Sebagai Penyejuk Udara. Ac Lebih Banyak digunakan di wilayah yang beriklim tropis dengan kondisi temperatur udara yang relatif tinggi (panas). Komponen dari sistem Ac serta fungsiny : Komponen ac dibagi menjadi 4 bagian, 4komponen tersebut adalah komponen utama pada ac, komponen pendukung ac, kelistrikan ac, dan yang terakhir referigeran(bahan pendingin). 1). komponen utamanya terdiri dari : A). Kompresor. B). Kondensor. C). Pipa kapiler. D). Evaporator. A). Kompresor berfungsi untuk memompakan gas referigeran keseluruh sistem AC, cara kerja kompresor AC layaknya seperti jantung di Tubuh Manusia. Kompresor Memiliki 2 Pipa," Pipa Hisap Dan Pipa tekan". Dan Memiliki 2 daerah tekanan, yaitu tekanan rendah dan tekanan tinggi. B). Kondensor Berfungsi sebagai alat penukar panas, menurunkan temperatur refrigeran, dan mengubah wujud refrigeran dari bentuk gas m