transmisi

Transmisi manual adalah sistem transmisi otomotif yang memerlukan pengemudi sendiri untuk menekan/menarik seperti pada sepeda motor atau menginjak kopling seperti pada mobil dan menukar gigi percepatan secara manual. Gigi percepatan dirangkai didalam kotak gerbox untuk beberapa kecepatan, biasanya berkisar antara 3 gigi percepatan maju sampai dengan 6 gigi percepatan maju ditambah dengan 1 gigi mundur (R). Gigi percepatan yang digunakan tergantung kepada kcepatan kendaraan pada kecepatan rendah atau menanjak digunakan gigi percepatan 1 dan seterusnya kalau kecepatan semakin tinggi, demikian pula sebaliknya kalau mengurangi kecepatan gigi percepatan diturunkan, pengereman dapat dibantu dengan penurunan gigi percepatan.


Transmisi dibagi menjdi beberapa tipe :
  • Type synchromesh





  • Type Synchromesh adalah Type Synchromesh ini dikenal juga dengan istilah synchronous trnsfer mode(STM). Proses mengirim dan menerima diatur sedemikian rupa agar memiliki pengaturan yang sama, sehingga dapat dikirimkan dan diterima dengan baik oleh setiap komponennya. Umumnya pengaturan ini didasarkan terhadap waktu dalam mengirimkan syinal.Waktu ini diatur oleh suatu denyut listrik secara periodik yang disebut dengan clock atau trimer. Kenapa pengaturan clock ini penting? Clock merupakan suatu yang sangat penting dalam setiap aspek pada komunikasi dengan menggunakan sistem komputer, baik itu pada komputer itu sendiri maupun dengan bagian luar yang terhubung dengan komputer untuk pemrosesan data.
 Fungsi dari ring synchromesh adalah meyinkronkan putaran agar saat pengemudi memasukkan/ mengurangi pesneleng/ gigi dapat ringan dilakukan.



Gambar diatas adalah beberapa gambar ring synchromesh yang sedang dilakukan pengetesan penyingkronan.



  • Type hybrid



  • Type hybrid adalah Sebuah transmisi konsep dalam tahap evaluasi, hibrida paralel listrik yang memiliki sistem kekuasaan ganda kontrol jalur transmisi. Sistem ini akan memantau kondisi operasi dan memilih kombinasi yang baik dan listrik dari tenaga diesel untuk mengoptimalkan produktivitas sambil mengurangi konsumsi bahan bakar, emisi, kebisingan, dan mesin pemalasan. kontrol emisi merupakan suatu pertimbangan utama bagi produsen peralatan off-jalan raya ketika mereka mengembangkan kendaraan baru untuk memenuhi peraturan yang berkembang di seluruh dunia, standar emisi dan Environmental Protection Agency Tingkat 4 standar emisi. Sebagai produsen mengadopsi teknologi yang sama dengan yang digunakan dalam-truk di jalan raya dan bus.


  • Type hybrid trnasaxle


  • Type hybrid trnasaxlePemilihan mesin berkapasitas lebih besar bertujuan untuk mendapatkan torsi besar pada putaran rendah. Target seterusnya, konsumsi bahan bakar makin irit. Tenaga mesin tidak diutamakan. Karena itu jangan heran, tenaga yang dihasilkan mesin hanya 98 PS.Mesin Prius bekerja lebih efisien mengganti komponen mekanis dengan listrik. Untuk itu, pompa radiator, digerakkan oleh tenaga listrik dan tidak lagi mengandalkan tenaga langsung dari mesin. Sistem sabuk untuk mengoperasikan kipas radiator, kompresor AC, dan alternator juga diganti dengan motor listrik. Pengembangan lainnya adalah dimensi dan bobot inverter yang lebih ringan dan kecil. Penyatuan inverter, motor listrik, dan transaxle juga mengurangi bobot sampai 20%. Di samping itu, kemampuan kerja sistem rem regeneratif (memulihkan energi yang terbaik) dikontrol secara logika elektronik. Tidak ada lagi belt yang menggerakkan kompresor AC dan water pump. Semuanya sudah digerakkan listrik, sehingga kerja mesin menjadi lebih efisien.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara merawat cat pada motor

final drive/gardan mobil