tenteng rem

Rem adalah suatu komponen dari motor atau mobil untuk memperlambat atau menghentikan gerakan rdengan adany rem gerak roda menjadi lambat, secara otomatis gerak dari sebuah kendaran akan menjadi lambat lalu berhenti. Dengan adany rem, kendaraan akan berhenti dgn otomatis,sehingga pengendara tidak akan menabarak sesuatu yang ada didepannya.

Rem terbagi menjdi 2 jenis:
  1. Rem tromol
  2. Rem cakram
Gambar dibawah ini adalah gambar dari rem tromol




Gambar dibawah ini adalah gambar dari rem cakram





Cara kerja dari rem tersebut adalah pada saat pedal rem dtekan,dari tekanan tersebut akan menghasilkn tarikan pada tuas rem atau kabel rem,dengan tertariknya tuas rem tersebut,tarikaan diteruskan ke pengungkit, dengan adanya pengungkit sepatu rem akan merengang,pada bagian atas dari sepatu terdapat kampas rem yang akan bergesekan dengan tromol,sehingga dengan adany gesekan tersebut putaran dari roda kendaraan akan melembat dan berhenti secara otomatis. Sedangkan cara kerja dari rem cakram tidak jauh beda dengan cara kerja dari rem tromol,tetapi rem cakram menggunakan fluida,fluida adalah cairan yang kental dan terlihat seperti oli yang kegunaanny untuk transport dari sistem Rem cakram. Saat fluida tertekan maju tekan dari fluida tersebut akan masuk ke silinder rem dan akan mendorong piston silinder sehingga sepatu rem akan terdorong dan kampas rem akan mencekam dari piringan rem cakram. 
catanan : rem cakram dilengkapi dengan piringan yang terikat dengan bos roda, sedangkan rem tromol tidak terdapat piringan,dan kampas rem langsung bergesekan dengan bos roda.







A. Rem Tromol
Tipe drum, rem ini terdapt kampas rem yang terletak pada piringan yang tetap,dan drum yang berputar bersama roda. Dalam operasinya setiap kampas rem akan
bergerak radial menekan drum sehingga terjadi gesekan antara drum dan kampas rem.



Pada rem tromol, penghentian putaran roda dilakukan dengan adanya gesekan antara
sepatu rem yang dilengapi dengan kampas rem dengan tromolnya. Pada saat tuas rem tidak ditekan sepatu rem dengan tromol tidak saling kontak,tetapi pada saat tuas rem ditekan lengan rem memutar cam
pada sepatu rem sehingga sepatu rem menjadi mengembang dan bergesekan dengan tromolnya. Akibatnya
putaran tromol dapat ditahan atau dihentikan.






sedangkan pada rem cakram dilengkapi dengan piringan yang yang berfungsi sebagai alat yang akan dicekam untuk menghentikan laju kendaraan,karna piringan ini terikat dengan bos roda. Piringan ini biasanya terbuat dari logam dan piringan logam ini yang nantinya akan dicekam oleh kampas rem.










Rem cakram mempunyai dua piston yang berfungsi untuk mendorong sepatu rem agar sepatu yang sudah dilengkapi dengan kampas untuk mencekam piringan logam, tetapi pada sepeda motor hanya mempunyai satu piston.









Piston pada rem cakram dilengkapi dengan perpembalik yang ber fungsi, saat piston terdorong oleh fluida maka piston akan merenggang dan mendorong sepatu rem,dengan adanya per ini piston akan kembali keposisi semula,seandainya tidak dilengkapi dengan per maka piston tidak mau kembali ke semula dengan cepat,maka piringan akan terjepi oleh kampas terus menerus dan laju kendaraan akan berat.




Komponen ini adalah kampas re cakram yang nantinya akan mencekam dan menghentikan putaran piringan dan piringan itu sendiri akan menghentikan putaran dari laju kendaraan yang ada pada roda.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara merawat cat pada motor

final drive/gardan mobil