cara merawat rem tromol pada motor

Kurangnya perawatan pada sistem pengeraman bisa berakibat fatal. Sebab rem merupakan alat yang sangat penting  pada kendaraan yang bisa menyelamatkan nyawa pengendara.


Memang bila kampas rem sudah habis harus cepat diganti, tapi bagimana jika masih bisa dipakai ? “Bila kampas masih bisa digunakan, kita tinggal melakukan perawatan rutin saja dan tidak terlalu sulit kok melakukan perawatan berkalanya. Dalam melakukan perawatan kampas rem yang kita lakukan adalah mempersiapkan alat yang diperlukan, seperti kunci pas, tang dan ampelas.Dalam melakukan penggantian, tidak ada patokan kilometer yang pasti.

Anda dapat merasakan atau melihat apakah kampas rem sudah saatnya diganti apa belum saatnya diganti yaitu lihatlah tuas yang terdapat pada tromol, kalau semakin kebawah saat rem diinjak maka sudah pasti kampasnya sudah habis,”
  1. Setelah alat-alat tersebut di siapkan, mulailah dengan melepas roda dari arm belakang.
  2. Setelah dilepas, kemudian lepas perangkat kerja rem dari tromol.
  3. Bila terdapat banyak kotoran yang berupa debu baik pada tromol maupun pada bagian kampas rem, bersihkan dengan menggunakan kuas.
  4. Setelah bersih kemudian bisa dilakukan peng-ampelas-an pada permukaan kampas rem. Agar kinerjanya bisa maksimal lagi.
  5.  Setelah dibersihkan jangan lupa check kondiri per dan tuas rem, apakah masih bisa bekerja secara maksimal atau sudah tidak berfungsi sama sekali.
Pemasangan kambali :
  1. pasang lah kembali rangkaian rem tromol seperti semula sebelum memasang roda.
  2. setelah rangkaian jadi, kemudian pasangkan pada bos atau tromol dari soda.
  3. Apabila semuanya sudah dilakukan, pasang kembali roda pada tempatnya. Dan cara diatas tersebut lakukan dengan giat buat perawatan berkala pada rem tromol, niscaya kejadian yang tidak kita inginkan dapat terhindar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara merawat cat pada motor

final drive/gardan mobil